Friday, March 19, 2010

Persyaratan Melakukan Yoga




1. Yoga perlu dilakukan pada pagi hari saat matahari terbit (waktu paling baik adalah pukul 06.00 sampai pukul 07.00pagi) dan sore hari ( 05.00 sore – 07.00 mlm).

2. Yoga perlu dilakukan ketika perut dalam keadan kosong. Jangan makan sebelum melakukan latihan YOGA. Anda baru boleh makan setengah jam setelah selesai melakukan yoga.


3. Yoga perlu dilakukan di lingkungan yang bersih dan udaranya segar.

4. Pada saat melakukan yoga, menarik dan mengeluarkan nafas selalu melalui hidung. Yoga perlu dilakukan di atas tikar atau karpet.

5. Pada saat melakukan yoga hendaknya tidak berbicara selama satu jam, dengan begitu akan membantu perkembangan mental dan membuat pikiran menjadi tenang.


6. Yoga dapat dilakukan oleh semua orang tanpa memandang usia, ras agama, dan kepercayaan. Demikian pula doa-doa yang diucapkan pada saat bermeditasi dapat disesuaikan dengan agama dan kepercayaan masing-masing.


7. Untuk memulai latihan yoga apabila ada yang sakit, atau memiliki penyakit tertentu, pernah mengalami operasi, harus diberitahukan kepada guru yoga guna menghindari hal-hal atau gerakan-gerakan yang tidak boleh dilakukan oleh peserta yoga.

8. Dalam melatih asana-asana(pose-pose) tertentu, apabila suatu posisi sulit untuk dilakukan maka jangan paksakan gerakan tersebut. Asana perlu dilakukan pelan-pelan dan hati-hati.

9. Orang yang melakukan Yoga hendaknya berusaha menghentikan kebiasaan, merokok, mengkonsumsi minuman keras, mencuri, menyakiti orang lain, dan berkata kasar. Berkata yang halus dan benar, menolong dan tidak merugikan orang lain serta berpikir positif dan menganggap semua umat sebagai sahabat.

10. Asana-asana maupun pranayama(pernafasan) sebaiknya dilakukan dibawah bimbingan seorang guru. Apabila belajar yoga hanya melalui buku, seorang kemungkinan salah memahami arti setiap asana maupun pranayama karena beberapa orang yang belajar dari buku kemuadian salah paham dan melakukan yoga dengan cara yang tidak benar. Buku adalah pengetahuan untuk membantu seorang pecinta Yoga agar ia paham lebih dalam apa yang telah ia pelajari dari seorang guru.


NS

No comments:

Post a Comment