Thursday, March 18, 2010

Apakah Arti, Tujuan Dan Manfaat YOGA?



APA ARTI YOGA?
Yoga artinya mengendalikan gerak-gerak pikiran.


APAKAH YOGA SEBUAH SEKTE ATAU AGAMA TERTENTU?

Yoga bukanlah sebuah sekte atau agama tertentu, melainkan sebuah ajaran yang bersifat universal, berlaku untuk semua umat manusia, tanpa membedakan, ras, budaya, karena yoga membahas tentang badan, budhi, serta jiwa yang dimiliki oleh umat manusia. Dalam yoga Sutra yang ditulis oleh Maharsi Pantajali tidak terdapat mantra, maupun cara ritual dan lainnya sehingga yoga bebas dari ritual dan lebih memfokus kepada manusia agar ia hidup sehat secara fisik, mental dan moral untuk menjadikan diri lebih damai dan tenang, dan menciptakan kedamaian di seluruh jagat raya.


SIAPAKAH PENDIRI DAN YANG MEMPERKENALKAN YOGA?
Maharsi Pantajali adalah pendiri yoga sekaligus menulis Yoga sutra yang menggunakan bahasa sansekerta, ditulis lebih dari 5000 tahun silam di sekitar Gunung Himalaya.


SEJAK UMUR BERAPA YOGA PERLU DILAKUKAN?

Yoga perlu dilakukan sejak berumur 4 tahun sampai dengan 85 tahun, bahkan hingga umur 100 tahun.


APAKAH TUJUAN YOGA?

Tujuan yoga adalah agar manusia bisa hidup dengan sehat secara fisik, mental, dan moral di dunia ini serta setiap hari melewati hidup penuh dengan senyum dan kebahagiaan.


MANFAAT YOGA?

Banyak sekali manfaat dari yoga, diantaranya sangat bagus untuk keseimbangan kesehatan mental dan fisik, menumbuhkan kepercayaan diri, melancarkan peredaran darah, sangat bagus pula untuk berbagai jenis penyakit seperti sakit kepala, stress, tekanan darah tinggi, darah rendah, penyakit jantung, ginjal, asma, insomnia, kegemukan, ingin menambah berat badan, ginjal, diabetes, berbagai jenis penyakit wanita seperti keputihan, hernia, dan masih banyak manfaat yang lainnya lagi.





NADIA SITA (BIF)

No comments:

Post a Comment