Wednesday, March 17, 2010

Bagaimana Mengatasi Kegemukan?? (TemukaN SoLusiNya DengaN YOGA)




Tradisi Yoga lahir di India ribuan tahun lalu. Pengetahuan yoga dan tekniknya hingga sekarang disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat modern dan cara hidupnya. Para ahli dari berbagai macam jenis obat-obatan, termasuk obat-obatan modern, mempercayai teknik ini dalam upaya pencegahan penyakit dan mendukung kesehatan.


Bagaimana kegemukan dapat dikenali?

Kegemukan yang menjadi masalah besar di seluruh kalangan masyarakat, mungkin dapat dijelaskan sebagai karakteristik kondisi tubuh terhadap kelebihan lemak. Ini biasanya merupakan hasil kelebihan makanan dibandingkan kebutuhan fisiknya.

Kegemukan merupakan bahaya serius bagi kesehatan yang dapat menyebabkan tekanan pada jantung, ginjal, dan lever, sejalan dengan peningkatan berat badan di pinggul, siku, dan pergelangan kaki yang akhirnya memperpendek umur sendiri. Orang yang kelebihan berat badan sensitive terhadap berbagai jenis penyakit, seperti Trombosit Koronaria, sakit jantung, tekanan darah tinggi, diabetes dan lever. Mereka akan mudah terserang penyakit yang disebabkan oleh terbatasnya aktivitas fisik.


PENYEBAB UTAMA KEGEMUKAN:

1. Penyebab kegemukan yang sering ditemukan adalah kebanyakan makan, yang mengambil kalori berlebihan dibandingkan permintaan alami tubuh. Beberapa orang memiliki kebiasaan makan berlebih dimana sebagiannya mungkin terdapat makanan yang berkalori tinggi. Orang-orang inilah menambah berat badan secara terus – menerus sejalan dengan ketidakmampuan mereka mengontrol keinginan untuk mengurangi energi.

2. Orang yang mengalami kebosanan, tidak bahagia, kesepian atau tidak memiliki cinta, tidak puas dengan keluarganya, masyarakat , ataupun keadaan keuangan, biasanya akan mengalihkan kepada makan dalam porsi yang berlebihan.

3. Kegemukan juga terkadang merupakan hasil dari ketidakseimbangan sekresi kelenjar tiroid. Pada beberapa orang, memiliki kemampuan metabolisme rendah dan hal ini tetap menjaga perkembangan berat badannya walaupun dia telah menerapkan diet rendah kalori.


PERAWATAN DENGAN YOGA

Asana (Pose) yoga membantu penggunaan kalori lebih banyak yang ada dalam tubuh yang gemuk, dan menormalkan tekanan darah, selain juga meningkatkan kinerja otot. Mulailah dengan berjalan yang merupakan olahraga terbaik dan lebih baik lagi bila diikuti pula oleh berbagai jenis pose Yoga. Percayalah, yoga memiliki manfaat yang luar biasa. Tidak hanya menghancurkan dan mendistribusikan timbunan lemak dan membantu pelangsingan tapi juga menjadikan tubuh lebih kuat. Pose Yoga seperti; Trikonasana, Dhanurasana, Chakrasana, Paschimotasana dan lain sebagainya sangat dianjurkan. Penghancuran lemak dan penekanan melaui gerakan yoga memijat kelenjar endokrin yang dapat menormalkan fungsi dan meningkatkan perputaran. Orang yang gemuk harus membuat pertahanan untuk menghindari emosi negative, seperti takut dan merasa tidak aman, dan berusaha membangun sisi positif kehidupan.


DIET

Diet yang cocok dan berencana dibarengi dengan olahraga adalah jalan yang sesuai untuk mengatasi kegemukan. Dalam menjalankan perawatan ini, harus memilih makanan seimbang yang menyediakan nutrisi penting maksimal dengan jumlah kalori yang rendah. Penderita harus mengkonsumsi banyak jus buah-buahan seperti lemon, jeruk, nanas, anggur dan lainnya. Mereka harus mengambil diet dengan rendah kalori yang seimbang dengan ketiga kelompok makanan antara lain (1) biji-bijian, kacang, dan tepung, (2) sayur-sayuran, (3) buah, air jeruk nipis juga sangat bermanfaat dalam perawatan kegemukan tanpa meninggalkan energi dan kebutuhan.


Hindari: Makanan dengan lemak tinggi, seperti mentega, keju, coklat, es krim, daging, gorengan, gula, permen, alcohol dan minuman bersoda.


TEKNIK PERNAFASAN YOGA UNTUK MENGATASI KEGEMUKAN


# KAPALBHATI

“Kapal” berarti kening dan “bhati” berarti sinar. Seseorang yang melakukan kapalbhati secara teratur, wajahnya akan mulai bersinar dan sembuh dari berbagai penyakit yang berhubungan dengan perut. Seseorang yang melakukan kapalbhati minimal 3 menit saat matahari terbit dan perut kosong, akan mengurangi berat badan sebanyak 3 kilogram dalam waktu 3 bulan. Gerakan ini adalah raja dari semua latihan pernafasan.





Teknik

Duduk dalam posisi Vajrasana seperti terlihat pada gambar. Tegakkan tulang punggung anda dan letakkan tangan kiri di perut. Lalu tekan perut anda kemudian keluarkan nafas dengan keras tapi saat menarik nafas lakukan dengan normal. Lakukan seterusnya selama 1 menit . Hal ini agak sulit, namun bila anda mengikuti instruksi maka anda akan dapat melakukannya. Bagi seorang yang pernah mengalami operasi pada bagian jantung dan perut, tekanan darah tinggi tidak diperkenankan melakukan teknik pernafasan ini. Teknik ini harus dilakukan disaat anda dalam keadaan tenang di pagi hari, sangat baik dilakukan saat matahari terbit. Jika anda tidak mengerti anda dapat menghubungi Yoga Centre terdekat.


POSE YOGA UNTUK MENGATASI KEGEMUKAN

1. TRIKONASANA





Teknik:

Ambil posisi berdiri, rentangkan kaki Anda, dan letakkan tangan kiri anda di pinggang. Lalu tarik nafas dan angkat tangan kanan hingga menyentuh telinga, kemudian miringkan badan seperti yang terlihat pada gambar. Sehingga badan menjadi berbentuk seperti segitiga , tahan nafas sejenak lalu kembali keposisi berdiri ketika mengeluarkan nafas lalu istirahat. Lakukan sebaliknya.

Manfaat:

Gerakan ini akan mengurangi kelebihan lemak yang berada di sekitar pinggang dan perut, sangat baik untuk menyembuhkan sakit pada tulang punggung yang disebabkan oleh kebanyaka lemak.


2. JANUSIRASANA






Teknik:

Ambil posisi duduk dan rentangkan kaki anda, kemudian taruh kaki kiri di samping paha kanan, angkat tangan anda ketika menarik nafas dan perlahan keluarkan dan cobalah untuk memegang ibu jari kaki Anda kemudian sentuhlah lutut kaki dengan dahi Anda. Hembuskan nafas secara sempurna, lalu tahan kemudian tarik nafas sambil kembali keposisi awal lakukan sebaliknya.

Manfaat:

Asana (Pose) ini membuat system pencernaan berfungsi secara normal, membersihkan racun pada perut, merupakan salah satu gerakan sangat bagus untuk perut anda, dapat mengurangi lemak di perut, juga sangat baik untuk sakit pada lutut anda, serta mengurangi lemak pada paha. Gerakan ini adalah gerakan yang terbaik untuk menurunkan berat badan.


3. UTTANPADASAN





Teknik:

Ambil posisi tidur, letakkan tangan di bawah paha, lalu tarik nafas dan angkat ke dua kaki hingga 30 derajat, tahan sejenak. Kembali ke posisi awal sambil menghembuskan nafas. Lakukan minimal 3 kali dan maksimal 11 kali.

Manfaat:

Asana ini sangat bagus untuk mengurangi berat badan, dan membuat pencernaan menjadi kuat. Mengobati penyakit yang berhubungan dengan perut, dan sistem pencernaan berfungsi dengan baik. Selain itu membuat otot paha menjadi kencang dan merupakan gerakan yang baik untuk tulang belakang.


4. ARDHA MATSYENDRIYASANA





Teknik:

Duduk dengan kedua kaki lurus kemudian lipat kaki kiri, letakkan kaki kanan disamping kaki kiri. Kemudian mulai tarik nafas, pegang ujung kaki kanan dengan tangan kiri. Tangan kanan lipat ke belakang, pandangan lurus ke belakang sambil memutar pinggang. Kemudian tahan nafas dan keluarkan perlahan saat kembali ke posisi awal. Lakukan demikian sebaliknya.

Manfaat:

Menyelaraskan otot-otot tulang belakang, membuat otot-otot tulang belakang, membuat otot-otot punggung lemas dan mengendorkan tulang belakang, memijat organ-organ perut, menghilangkan penyakit pencernaan., mengatur keluarnya hormone adrenalin.


5. PASCIMOTTANASANA





Teknik:

Berdiri kemudian hembuskan nafas dan bungkukkan badan ke depan, pegang ibu jari kaki dengan tangan. Tahan nafas sesuai dengan kemampuan kemudian pelan-pelan kembali ke posisi awal sambil menarik nafas, lakukan 1-3 kali. (bagi yang sudah mampu boleh mencium lutut anda)


6. CAKRASANA





Teknik:

Ambilah posisi tidur kemudian tarik kaki maupun tangan, tarik badan ke atas sambil tarik nafas dalam bentuk setengah lingkaran (cakra), tahan nafas dalam posisi ini, mata terpejam, dan pelan-pelan keluarkan nafas untuk kembali ke posisi awal. Jangan paksakan asana ini untuk menyatukan kaki dan tangan. Anak-anak dapat melakukan asana ini dengan bebas.


7. DHANUSIRASANA





Teknik:

Ambilah posisi telungkup, kemudian tekuk kedua kaki dan pegang pergelangan kaki dengan kedua tangan. Sambil menarik nafas, angkatlah kaki ke atas sampai badan melengkung membentuk busur. Pertahankan posisi ini dengan menahan nafas dan keluarkan pada saat kembali ke posisi awal.


8. BHUJANGASANA





Teknik:

Ambilah posisi telungkup, rapatkan kaki dengan posisi lurus, taruh tangan di samping dada. Kemudian kedua tangan lurus dan naikkan badan semaksimal mungkin sampai pinggang, pandangan ke atas. Tarik nafas saat mulai lalu tahan sejenak dan keluarkan nafas sambil kembali ke posisi awal.








NADIA SITA

Neeraj Kumar Goel

Yoga Professional

*Former Sr. YogaTeacher,

Kaivalyadhama Yoga Institute,

Lovlana, Pune, MH.

(India)

No comments:

Post a Comment