Monday, March 8, 2010

Memperoleh Kecantikan Alami dan Membangkitkan Kepercayaan Diri Melalui Teknik-Teknik Pernafasan dan Pose Yoga



Yoga
bukan hanya sebuah proses untuk menjaga tubuh agar tetap sehat tetapi juga bisa membuat wanita lebih cantik dan percaya diri. Hanya dengan berlatih yoga selama kurang lebih 20 hingga 30 menit dalam beberapa minggu secara rutin, semua wanita dapat memperoleh kecantikan alami mereka.



KECANTIKAN

Bagaimana sih caranya untuk memperoleh kecantikan yang alami? Bagi seorang wanita, cantik itu sangatlah penting. Banyak wanita berusaha keras untuk memperoleh wajah yang cantik dan mempesona dengan berbagai macam cara. Di jaman yang sudah serba modern dan berteknologi tinggi seperti sekarang ini, wanita dapat dengan mudah pergi ke salon bahkan sampai ke dokter bedah kecantikan untuk mendapatkan perawatan demi menjaga kecantikan wajah dan tubuh mereka. Tak jarang para wanita mengeluarkan biaya yang tidak sedikit untuk pergi ketempat seperti itu. Kecantikan sebenarnya tidak membutuhkan biaya yang mahal ataupun perawatan wajah maupun tubuh yang rumit dan memakan waktu. Pastilah setiap wanita didunia ini mendambakan agar mereka tetap awet muda dan cantik. Walaupun ditengah tengah usia mereka wanita berusaha untuk mendapatkan kemudaan dan kecantikan mereka kembali. Kecantikan alami tak dapat dikejar, juga tak dapat dipaksa untuk datang. Ia akan muncul dengan sendirinya bila anda memelihara kesehatan, bukan hanya fisik, tetapi juga aspek emosional-mental-spiritual serta memelihara keseimbangan dalam hidup anda. Salah satu cara memelihara kesehatan yang meliputi seluruh aspek diri manusia, body-mind-spirit, yaitu melalui yoga yang dapat dipelajari oleh siapapun.

PERCAYA DIRI


Siapa yang tidak ingin cantik? Pastilah setip wanita menginginkan diri mereka tampak cantik diberikan sebuah wajah yang sempurna oleh Tuhan, menjadi pusat perhatian orang disekeliling, popular dan sangat bangga percaya diri. Tetapi apakah cantik itu selalu diukur dengan keindahan lahirilah saja atau apa yang terlihat oleh mata? Dan apakah hanya dengan mengandalkan penampilan kita yang cantik secara fisik ini kita sudah layak disebut cantik? Setiap orang memiliki pandangan masing-masing mengenai ukuran kecantikan itu.
Pernakah kita mendengar seruan orang berkata, “Eh dia itu sebenarnya cantik ya tapi pemalu dan tidak bisa bergaul?” atau, cantik tapi kok bodoh. Mungkin cantik disini yang dimaksud adalah kecantikan wajahnya tetapi sang empunya wajah cantik tadi pemalu dan tidak bisa bergaul, ini adalah sisi lain dari seorang wanita yang tidak bisa mengekspresikan dirinya sehingga disebut bodoh. Kita bisa menyebutnya sisi lain itu adalah sifat yang berasal dari dalam batin kita. Inner beauty, kata yang sudah tidak asing lagi bagi kita. Wanita tidak akan tampak benar-benar cantik bila hanya mengandalkan kecantikan lahirilah mereka dan tidak mengimbangi dengan pribadi yang menarik, yaitu inner beauty (kecantikan dari dalam). Wajah yang tidak begitu cantik, tapi percaya dirinya yang kuat bisa membuat seorang wanita pribadinya begitu menarik. Wanita bahkan bisa sukses di dunia artis atau model bukan dengan mengandalkan wajah cantik melainkan dia bisa berusaha mencapainya dengan kepercayaan diri. Traditional Yoga pantajali memiliki beberapa teknik penafasan dan sikap-sikap asana yang mampu membantu problem wanita untuk memperoleh dan mempertahankan kecantikan alami dan juga membangkitkan kepercayaan diri mereka.

TEKNIK PERNAFASAN

-ABHYANTAR PRANAYAM: (Untuk membangkitkan kepercayaan diri) Posisi: Duduk dengan sikap bersimpuh, kedua tangan diatas paha. Teknik: Tariklah nafas melalui kedua hidung sambil angkat kepala keatas, kemudian tahan nafas di rongga dada beberapa waktu sesuai kemampuan kemudian hembuskan. Pada saat menahan nafas kepala menunduk. Ulangi pelaksanaan ini sebanyak tiga kali dan lakukan 3 bandha.

-BAHYANTAR PRANAYAM: (bagus untuk membuat tubuh menjadi langsing dan wajah bercahaya) Posisi: Duduk dengan sikap duduk bersimpuh, kedua tangan diatas paha. Teknik: Tariklah nafas melalui kedua hidung, kemudian hembuskan nafas sampai habis lalu tahan sesuai kemampuan . Ulangi pelaksanaan ini sebanyak 3 kali dan lakukan 3 bandha.

ASANA -DHRUVASANA/VRKSASANA (Tree Pose) :

(membangun keseimbangan, konsentrasi, kestabilan dan menenangkan)
Teknik: Pada posisi berdiri, taruh kaki kanan dipaha kiri, kemudian tarik nafas sambil membawa tangan keatas. Tahan nafas dan kemudian fokuskan pandangan pada satu titik. Saat kembali keluarkan nafas. Begitu juga sebaliknya. Lakukan asana ini 1-3 kali.





NADIA SITA

1 comment:

  1. Wow what a blog!!!

    Nice info girl... love it...

    Gonna have Yoga again with you, ha :D

    bless...

    ReplyDelete